Sabtu, 03 Januari 2009

metamorfosis


Metamorfosis adalah suatu proses biologis dimana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas, melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel.

Saya sempat merasakan sesuatu yang aneh, ketika detik ini melihat beberapa hal disekitar saya. Kekagetan ini baru saya sadari 2-3 minggu belakangan. Adanya sebuah perspektif baru dimana ketika saya melihat sesuatu, cara pandang saya menjadi berbeda. Setelah berpikir sebentar, saya memutuskan untuk membuat asumsi fase pemikiran atau peran yang saya alami saat ini ataupun perkiraan yang mungkin akan saya lalui.


Fase Penikmat
Pada fase ini, saya berperan sebagai penikmat, misalnya produk teknologi. Mungkin fase ini saya alami sejak kecil hingga saat-saat sebelum masuk if. Dulu,ketika saya melihat sebuah game, baik itu flash app atau pun lainnya tidak pernah berpikir sedikitpun tentang apapun kecuali bermain dan bermain. Ketika masa sma, saya berkenalan dengan situs jejaring sosial seperti friendster, yang terpikir adalah menggunakan situs itu untuk keperluan have fun semata. Ketika melihat film, yang terpikir adalah menikmati setiap adegan tanpa berpikir keras apakah itu mungkin atau tidak mungkin, dari segi teknologinya.

Fase Pengamat
Pada fase ini, sudah ada perbedaan. Setiap melihat sesuatu, selalu dibarengi pemikiran yang menggelitik, estimasi kasar atau tebakan semata. Melihat game flash app lempar sepatu bush, yang terpikir adalah kemungkinan apabila game itu diporting menjadi silverlight. application Melihat situs jejaring sosial seperti facebook, malah berpikir betapa hebatnya kecepatan proses server-side dengan menggunakan teknologi ajax. Melihat film seperti ironman,terbayang aplikasi untuk visualisasi data mungkin baru bisa didekati pada sebatas yang dilakukan microsoft surface. Setiap melihat suatu produk teknologi, selalu saya melakukan asosiasi dengan apa yang pernah saya pelajari. Mungkin inilah yang dinamakan wawasan.

Fase Pembuat
Tentu ini merupakan fase yang paling tinggi dalam kehidupan berteknologi. Saya mungkin belum sampai pada tahap ini. Karena pada fase ini kita memerlukan pengetahuan yang cukup dan didukung oleh environtment yang benar, seperti dana, tenaga dan waktu. Entah kapan bisa sampai pada tahap ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar