Rabu, 07 Mei 2008

Trade off atau Trade of ???


Ya,,ya,,maafkan kalau ternyata penulisan frase nya salah...soalnya selama ini lebih mudah di ucapkan daripada dituliskan.

Acapkali,,,orang di dunia informatika mengucapkan frase demikian, untuk menunjukkan pilihan mereka antara proses komputasi atau memori. Proses komputasi yang cepat,akurat dan baik,seringkali ditandai dengan penggunaan memori yang boros. Sementara, proses komputasi yang lambat akan menghemat memori secara signifikan.

Setelah dipikir-pikir,kasus seperti ini menyentuh sebagian besar aspek kehidupan manusia. Ada banyak istilah lain sejenis,,yang manggambarkan bahwa manusia itu harus memilih. Pick one, and live with the consequence !

Contoh kasus,,mari kita tinjau ,AGus, (lagi-lagi dia,karena banyak sekali keautisan yang ia lakukan selama ini). Ketika seorang teman,sebut saja namanya Fahmi terlambat untuk masuk kuliah pada hari itu,,,Agus memberikan jawaban yang benar tapi mengesalkan kalau ditinjau dari sisi kepanikan orang yang bertanya.

Jadilah hari itu,AGus udah berada di ruang kelas,sementara Fahmi terlambat namun kini sudah berhasil berada di depan pintu ruangan kelas. Lihat bagaimana fahmi meminta pendapat seorang teman dengan SMS yang ia berikan : "Gus, mendingan gw masuk apa ga ?"

***************************SMS DIKIRIM******************************



***************************SMS DITERIMA*****************************

AGus yang membaca sms itu mungkin bermaksud baik, dan ingin memberikan jawaban yang bijak,,,namun jawaban yang ia berikan memberikan efek kejut dan keinginan untuk memaki agus naik menjadi 100%. Agus membalas (dan ini benar2 kejadian) :
"HIDUP INI PILIHAN,MI!"


See!!! lihat bagaimana jawaban itu BENAR tp tidak BAIK. Tapi,lihat sisi moralnya,,,untuk hal sekecil itu saja manusia sudah harus memilih , mau masuk atau tidak. Ya pilih saja. Pick one,live with the consequence. Masuk,paling diliatin pak dosen,namun dapat ilmu yang banyak. Tidak masuk,paling enak nongkrong di sekre,makan jelly dadan g ada yang nyindir tp g dapat ilmu. YA,trade off (atau trade of si ???).

Jadi,,,,ketika kita dihadapkan pada suatu pilihan,,,ya kita memang harus memilih. Meski konsep ketamakan menjadi elemen penting dalam diri manusia,terkadang memilih harus dilakukan karena kita tidak bisa memperoleh dua hal sekaligus.

Besok ujian. Pilih aja,mau belajar, bisa dapat nilai baik,g belajar alamat nilai jelek ditangan.

Mendapat operan di kotak 16. Pilih aja,shooting,bsa saja masuk, bisa saja dikatai temen setim egois,dioper,kemungkinan masuk jadi lebih besar,menunjukkan kita bisa kerja sama.

Membuat algoritma. ingin cepat,boroskan lah memori,dengan asumsi komputer sekarang memori nya sudah besar,,kalau gak,ya hematlah memori.

Kalau tidak mau kehilangan jangan pernah ingin memiliki. No pain no gain. You give more,you get more. Entah berapa banyak ungkapan lagi yang memiliki makna sama atau serupa. Satu hal saja: Hadapi,jangan dihindari !!!!!!!!!!


4 komentar:

  1. Ugh, baca tulisanmu ini sekarang terasa tertusuk-tusuk ...

    Aku baru aja disuruh milih Dja ... and kamu tahu, pilihannya apa ??

    "programming atau gaib"

    ugh, berats ... walau akhirnya sekarang udah berhasil memilih ...

    pelajaran yang bisa kuambil adalah : di dunia itu tidak semuanya bisa berjalan berdampingan, salah satu harus 'mati' demi kelangsungan 'hidup' yang lain.

    BalasHapus
  2. Hidup emang pilihan.
    Bahkan memilih jalan menuju pilihan pun pilihan kan? ^^;;

    Pake Greedy ato Brute Force.
    Yang satu lebih pasti tapi lama, yang satu lagi belum tentu optimum dengan waktu minimal

    BalasHapus
  3. trade off Ja.

    dari Wiki
    A trade-off usually refers to losing one quality or aspect of something in return for gaining another quality or aspect. It implies a decision to be made with full comprehension of both the upside and downside of a particular choice.

    BalasHapus
  4. @ damas : Yah..elo mah daftar mana aja sama2 lulus kali dam...gimana gaib ? katanya udah pengumuman

    @ ghe2 : jadi inget mau bikin makalah stmik

    @ puthut : thank you thut,,,tp males ngubah judul posting .. hehe

    BalasHapus