Jumat, 11 Januari 2008

Posisi menentukan prestasi


Salam koding,

Jadi keinget waktu tim GFL IF latihan rutin + sparing lawan KMPN,,Anjar (sang kapten-red) bertanya kira-kira gini :
"Ja..lo biasanya maen di mana ?"
"Di lapangan .."
"Becande aje lu,Iye,,,gw tau,,,posisinye,,posisi ??"
"Hmmm..(mikir)"

Waktu itu sih gw beneran mikir,karena sepanjang karir hidup persepakbolaan gw,,gw belum pernah fix main di satu posisi,kecuali kiper (haha,,pada tahu kali ya tinggi gw semeter kotor". Dan kebanyakan karena gw orang nya suka ngalah,,,gw bakal main di posisi yg g ada orangnya...misalnya waktu SD nih...nggak tau kenapa mental anak-anak SD itu pada suka nyerang,,dengan kata lain posisi pemain belakang alias bek gak ada yang ngisi. Nah,pas SD gw rela menjadi bek sementara tmen2 gw rebutan bikin gol. Dari bek kanan, center sampai bek kiri gw jabanin. Gak tahu kenapa itu berlanjut ampe SMP. Begitu gw masuk tim SMP buat turnamen bola di kota gw (beberapa orang bilang nya masi kampung,,anjrit emang) gak ada yang posisinya di bek kiri. Jadilah sang pelatih nempatin gw di situ..selaen emang cm gw yang bisa nendang pake kiri di tim (haha...somse nya keluar). Alhasil sepanjang turnamen gw maen di belahan lapangan bagian kiri,,dapet nomor 6. Sempet juga,waktu itu sayap kiri tim gw cedera gara2 di hajar pemain lawan,,,nah,pelatih waktu itu dengan cerobohnya nyruh gw maju. Sayang sekali,keputusan pelatih salah,,,karena akhirnya tim gw menang 2-0 dengan umpan2 crossing assist dari si sayap kiri (hahaha,,,,,gw itu,,gw). Sejak tuh turnamen,jadilah posisi gw turun naik,kadang bek kiri,kadang sayap kiri. Walopun g sampe dapat man of the match,,setidaknya waktu itu talent scoutnya PSPS Pekanbaru sempet ngajakin gw buat ikut latian di PSPS...hahahah.

Lain lagi pas SMA,waktu kelas satu,,ada turnamen antar kelas. Nah,waktu itu gw maen jadi DM (defensive midfielder),,yang tugas nya semacam gelandang bertahan gitu deh,,,jangkar lah istilahnya. Karena masi muda,,waktu itu gw masi semangat dengan tenaga kuda yang bisa buat keliling satu lapangan. Gara2 itu,pelatih sekolah gw kepincut dan jadiin gw masuk tim SMA. Sayangnya,pas itu,posisi bek kiri lagi2 kosong,,,lengser lagi gw,,turun pangkat jadi bek kiri.Huks... Naik ke kelas dua,,,lain lagi ceritanya. Berhubung gw jadi kapten,,,pas kelas dua gw lebih eksperimen lagi. Pas turnamen itu kita harus bertanding selama 7 x untuk lolos penyisihan grup. Nah,gw dengan semena-mena bisa ngatur posisi gw dimana (haha,enaknya jadi bos). Dua pertandingan awal,gw duet bek tengah ama saudara sepupuan gw. Ampe dijuluki "Ali Muhammad Brothers" (nama kakek gw sii..). Waktu itu gw gak puas karena meski bisa menang,kita cuma bisa bikin satu gol tiap pertandingan. Jadilah gw usul biar gw jadi AM alias gelandang serang. Haha...pengen macam zidane sii...

Tp gak jelek jg kok,,,malahan tim jadi bisa menang dengan gol yang fantastis tiap pertandingan. Kata temen2 gw, gw lebih cocok di situ karena aliran bola katanya jadi lebih lancar,,jadi ada operan jitu buat pemain depan. Senang nya dipuji.Huks,,. Tak berhenti distu, di 2 sisa pertandingan gw mencalonkan diri buat jadi penyerang,,, karena eh karena ternyata nafsu buat nyetak gol gw tumbuh seiring waktu yang berjalan. Jadinya gw main jadi penyerang depan,,dan tenang-tenang,,,di sisa 2 pertandingan itu gw bikin 4 gol...hahaha,,,makin pongah sudah.

Yak,hampir semua posisi udah di coba kecuali sayap kanan. Haha,,ini ada alasan khusus.Kejadiannya,gw sekelas mulu 3 tahun ama orang yang jago banget nyayap di kanan,,jadinya gw g mau ngutik2 posisi itu. Di kelas tiga juga,,,gw bnyak main di tengah ke kiri. Kadang-kadang kalo serangan lawan dahsyat,,gw balik lagi jadi bek kiri. Haha...Intinya mah buat hasil kita nyesuain aja.

Begitu masuk ITB..maen lapangan gede udah jarang. Sering nya sii maen futsal. Nah di futsal lain cerita lagi. Jaman2 TPB ( ada 3 turnamend red) gw ganti posisi kadang bek kadang nyerang. DI STEI CUP ama SOCCER COOP gw jadi bek. Di TPB CUP jadi nyerang (lumayan satu gol...haha). Begitu masuk IF dan jadi timnya IF06 gw malah sering beroperasi di daerah gawang lawan . Lumayan,jadi top scorer nya HT,,,(hahah,,narsis sudah),,,dan beberapa 06 jurusan lain harus ngaku kalo mereka sering gw bobol..hohoho. Tapi,di tiap pertandingan selanjutnya juga kalo g nyerang gantian ama agus jadi bek.

Nah,pas ikut latihan ama tim lap.gede nya IF...gw lebih banyak beroperasi di daerah sayap (g tau euy,,,kadang kanan kadang kiri). Seru juga siii,,karena dengan kondisi umur yang cukup tua,,,diharuskan lari sana-sini.Capek pasti,tapi keep spirit. Ternyata makin lama makin enak kalo maen di sayap. Kadang2 di naikin jadi penyerang sayap,,ok juga. Hehe... Podo waelah,,,gw sii cuma punya satu pegangan buat maen bola :
"Kalo udah memegang bola, anggaplah semua mata tertuju pada kita, dan bawalah bola lebih dekat ke gawang lawan walaupun cuma selangkah"


Balik lagi ke pertanyaan kapten :
"Ja..lo biasanya maen di mana ?"
"Di lapangan .."
"Becande aje lu,Iye,,,gw tau,,,posisinye,,posisi ??"
"Hmmm..(mikir)"
"tergantung,,tapi biasanya di sayap njar ,,"



Tapi,kap,,,kalo gw boleh bilang
kalo lo emang butuh bek,,gw rela maen mundur kap
demi IF yang lebih baik
Hahahaha....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar