Senin, 25 Agustus 2008

penjumlahan matriks



Gw jadi kepikiran, berhubung gw sekarang udah tingkat 3, dan waktu jaman dlu bikin tugas gw sering cari2 referensi ke google,,,ada baiknya gw mencoba berbagi pengalaman mengenai tugas-tugas kuliah gw, yg barangkali dapat berguna untuk bahan belajar temen2 sapa pun itu dari jurusan manapun itu.

Setelah gw ubek2 di folder2 laptop gw, di tahun pertama gw kuliah di IF gw mendapat tugas koding tiga kali, makalah sekali, dan desain dua kali. Waktu itu gw ngambil Org.Komputer, IMK, Strukdat, Matdis, Mavek dan Probstat. Yang ada tugas nya itu Orkom, IMK dan Strukdat. Nah, untuk postingan ini gw mau berbagi tentang tugas Orkom alias Arsitektur dan Organisasi Komputer atau yg sekarang ekivalen dengan Sistem Dijital.

Tugasnya adalah terapan ilmu tentang bahasa assembly menggunakan PCSPIM. Waktu itu ngerjainnya berkelompok, dan gw bareng Unggul dan Damas (dua2nya jago koding banget :) ). Deskripsi masalah adalah membuat program untuk menghasilkan penjumlahan dua buah matriks 3x3 yang elemennya bertipe integer. Matriks di representasikan dalam bentuk array satu dimensi.

Tugas ini memang tidak terlalu berat. Apalagi, jika boleh dikerjakan dengan menggunakan Pascal atau C. Sayangnya, kali ini kita disuru pake bahasa assembly yg lumayan repot ngurusin variabel address dan segala macamnya. Beberapa hal yg ditekankan adalah strategi pemilihan representasi data, representasi bilangan integer, operasi aritmatika dan manipulasi register. Dalam menyelesaikan tugas, kelompok berhasil menyempurnakan program dengan bonus konversi bilangan biner.

Aplikasi yg dibuat mampu melakukan proses penjumlahan dua buah matriks ukuran 3x3. Proses input dilakukan user dan nilai disimpan dalam struktur tabel 1 dimensi dengan representasi sesuai spesifikasi soal. Operasi penjumlahan dilakukan sesuai dengan aritmatika matriks lalu menuliskan hasil penjumlahan. Diakhir program, akan ditampilkan menu apakah hasil penjumlahan ingin ditampilkan dengan representasi biner atau keluar dari aplikasi. Representasi biner yg dipiilih adalah TC (Two's Complement) yg relevan dengan representasi kebanyakan mesin computer saat ini.

Untuk sintaks kita memang diwajibkan untuk belajar sendiri sehingga proses pengerjaan tersendat pada bagian eksplorasi sintaks. Akan tetapi, karena temen2 gw jago maka akhirnya kita pun bisa menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar