Minggu, 24 Agustus 2008

tentang OHU


Open House Unit atau yang lebih dikenal dengan sebutan OHU, adalah ajang tahunan yang diselenggarakan di ITB yang bertujuan untuk memperkenalkan unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di ITB kepada mahasiswa baru khususnya, dan open recruitment kepada mahasiswa lama.

Gw udah ngikutin OHU sebanyak tiga kali. Satu kali sebagai peserta tahun 2006 lalu. Dua kali sebagai pengisi acara OHU, yaitu dari UKMR. Satu hal yg gak pernah gw rasain selama keikutsertaan gw sebelum OHU tahun ini, yaitu KECEWA !!!

Bukan masalah kesinambungan materi OSKM (namanya sekarang INKM) dengan OHU, esensi sense keberaktivitasan ataupun flow acara yg kacau pasca closing OHU ke closing INKM. Bukan. Bukan itu. Sama sekali bukan !!!! kekecewaan ini murni karena keberlangsungan acara OHU itu sendiri.

Acungan jempol dululah. Menurut gw,,,,panitia kali bener2 cukup baik,,,,sangat baik malah,,,,dalam hal....mengecewakan unit. Dalam hal membuat unit kesal, panitia kali ini bertindak ckup baik.

Berikut contoh-contoh penyebab kekesalan gw :
1. Ketidaksiapan panitia pra acara masalah janji video iklan untuk pra-INKM
2. Keadaan stand yang sangat2 merugikan dengan adanya tiang tenda membelah dua bagian stand unit gw.
3. Outlet listrik yg gak nyala selama malam hari , sungguh ironi dengan keharusan panitia dimana kami baru boleh dekor itu diatas jm 7 malam.
4. Ketidaktersediaan meja dan kursi hingga pukul 3 pagi, sungguh ironi dengan keharusan para unit untuk selesai dekor jam 8 pagi. Belakangan gw ketahui salah satu unit terpaksa mengubah konsep tata ruang stand gara2 keterlambatan datangnya meja kursi ini.
5. Keterlambatan mulainy acara OHU yg gw nilai sebagai bentuk ketidak siapan panitia
6. Masalah gladi bersih malam yg gak bakal gw ceritain, sunggh menyakitkan hati,,,,KKN disana pun berbicara.

Poin-poin kekesalan gw tentang OHU ini, sebenarny udah pernah gw sampaikan di forum evaluasi terbatas (terbatas -> dikit banget yg dateng unitnya) beberapa waktu lalu. Hebatnya,,, tiap poin yg gw sampaikan berbuah permintaan maaf dari panitia. Satu kesalahan satu minta maaf. Walhasil, gw panen permintaan maaf sore itu. Sayang seribu sayang, gw bukanlah orang yg meledak2 jika mengungkapkan pendapat yg sensitif seperti itu, sehingga suasana forum tetap datar meski gw melancarkan banyak serangan terhadap panitia.

Bagi gw, permintaan maaf itu tidak wajar. Terlalu banyak kesalahan yg terjadi. Pantia tidak belajar. Bagi gw, OHU tahun ini jauh lebih tidak baik di banding OHU tahun lalu. Ada alasan yg mengatakan panitia nya kurang, ketegasan berkurang, miskomunikasi dengan penyedia jasa logistik dan musik. Sungguh...alasan yg bener2 gak tepat dalam keadaan seperti sekarang.Udah tahu kurang kenapa mesti tetep digabung ? Ketegasan berkurang karena orang yg mimpin lagi gak ada berarti indikasi kurang nya orang, kurang orang disebabkan oleh ? Balik lagi ke poin satu. Miskomunikasi ??? dari daerah mana sih si komunikasi ini??? Kacau dah .... dan pertanyaan terpenting adalah benarkah OHU 2008 kali ini telah sanggup menumbuhkan sense keberaktivisan bagi mahasiswa baru ??? Bagi kalian yang nonton OHU dari awal ampe akhir ,,, kemanakah para target acara OHU itu ??? Ya,,,mereka tidur2 di CC bawah dan sekitarnya. Sunggu ironis sense keberaktivitasan yg ingin ditumbuhkan justru besitegang dengan unsur keengganan dalam mengikuti acara OHU secara utuh.

Siapa yang salah ??? Gw gak berani nyebut nama. Yang jelas bagi gw, OHU tahun ini jauh lebih tidak baik di banding tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar