Selasa, 18 November 2008

IFEN : Sebuah Karya Nyata Untuk Almameter Tercinta



Codito ergo sum: aku mengkode maka aku ada. Mungkin ini yang menjadi dasar pemikiran Iqbal (IF 04) untuk mengadakan kerjasama antara KM-ITB dengan HMIF dalam pembuatan suatu perangkat lunak Kalender Even KM-ITB.Dengan aplikasi ini bukan hanya mahasiswa yang dituntut aktif mencari informasi, tapi informasi itu sendiri yang akan mendatangi mahasiswa.



Tanggal 14 November 2008, Aplikasi yang diberi nama IFEN ini resmi diluncurkan, di depan sejumlah perwakilan himpunan di ruang CC Barat ITB. Tak pelak lagi momen ini menjadi milestone baru yang semakin menguatkan eksistensi HMIF sebagai himpunan yang mapan sekaligus menunjukkan kontribusi yang nyata bagi almamater ITB.Pada kesempatan itu pula, pelaksana proyek IFEN dari divisi keprofesian, Inas Luthfi dan Dominikus Damas melakukan presentasi di depan semua orang yang hadir untuk menjelaskan seluk-beluk aplikasi IFEN ini.




IFEN adalah aplikasi berbentuk gadget, yang berjalan di atas Google Desktop. Aplikasi calendar-rss reader ini berguna sebagai pengingat event-event yang akan diselenggarakan KM-ITB. Ketimbang mengakses situs web KM-ITB secara langsung, kehadiran IFEN di setiap komputer pada sekre masing-masing himpunan tentu akan menghadirkan cara baru untuk memperoleh informasi. Sumber data akan berasal dari server web KM-ITB berupa file xml rss 2.0 sehingga untuk menjalankannya membutuhkan koneksi internet, yang berguna dalam melakukan pengambilan berita. Data ini akan diperbaharui setiap satu jam sekali.



IFEN memiliki sebuah kalender dimana terdapat mark pada tanggal-tanggal yang terdapat event dari KM-ITB. Dibawah kalender tersebut, terdapat daftar event yang akan diselenggarakan. Apabila salah satu event dipilih maka akan ditampilkan detail dari kegiatan tersebut. Konsep yang sederhana tetapi sungguh berguna.



Awalnya, proyek aplikasi ini disebut Jajahim, atau Jajah Himpunan mengingat aplikasi ini diharapkan dapat terinstall di setiap komputer masing-masing himpunan, sementara di aplikasi ini terdapat tulisan IF dengan EN sehingga diibaratkan hmif telah menjajah himpunan tersebut (..haha..) . IFEN sendiri sudah terinstall di komputer sekre 2 sehingga bagi yang ingin melihat secara langsung dapat menikmatinya secara langsung.



Banyak cara untuk berkontribusi dan membuat aplikasi barangkali adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswa informatika untuk menyelesaikan permasalahan yang ada disekitar kita. Think big, act locally , IFEN menjadi bukti bahwa HMIF peduli, sebuah karya nyata untuk almamater ITB tercinta.(rad)




1 komentar:

  1. bagus..bagus.. :)

    sayangnya google desktop linux blum ada sidebarnya.. ;|

    BalasHapus