Senin, 03 November 2008

are You smarter than the fifth semester ?


Judul postingan ini sebenarnya udah kita (refer to if06) pake buat melakukan persembahan angkatan pada acara syukuran wisuda oktober beberapa waktu yang lalu. Meski judul nya demikian , sesungguhnya nggak ada hubungan sama sekali antara mata kuliah2 yg ad di semester 5 dengan konten acara waktu itu. Bener2 cuma slapstick dan gegaringan semata.

Ketika hari ini, gw duduk di barisan paling belakang kelas,,mengikuti mata kuliah jaringan komputer,,, gw pun heran,,,karena tidak mengerti apa pun yang diterangkan oleh pak dosen. Dan, inget2 lagi,,,bahwa sesungguhnya sampe sekarang,,,gw banyak yg nggak mengerti tentang materi yang disampaikan selama ini (uda jalan 3 bulan) untuk berbagai mata kuliah. Gw pun iseng, trus ngeliatin isi ksm (kartu studi mahasiswa) dan melihat daftar mata kuliah yang gw ambil. Berikut sekilas daftarnya, ditambah penjelasan singkat tentang mata kuliah ini sepanjang pengetahuan gw aja sampe sekarang :

Basis Data
Mata kuliah yang memberikan pemahaman dasar perancangan basis data yang benar. Basis data udah menjadi kebutuhan penting, khususnya dalam transaksi sehari-hari. Dalam kuliah ini diberikan teori pemodelan data, jenis-jenis basis data dan implementasi nya pada dunia pemrograman. Perancangan skema basis data dan operasi aljabar yang menggambarkan implementasi nya pada dunia pemrograman. Ada 1 tugas yang akan dikerjakan selama satu semeters. Kabar2nya dimulai dari perancangan ERD, skema sampai implementasi sederhana dengan SQL. Gw sekelompok sama Ronny, Harbag dan Satria Ardhe. Kuliahnya biasa saja, tpi dosenya punya approach yg bagus ke mahasiswa2 nya.


Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut
Lanjutan dari mata kuliah RPL di semester kemarin. Memberikan dasar2 pemahaman langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan untuk pembuatan software. Ingat, software beda dengan program. Secara garis besar digambarkan dengan SDLC (Software Development Life Cycle) dan model proses yang dapat diplih sesuai kebutuhan. Pada RPLL terdapat tambahan perancangan software berbasis web, berbasis waktu nyata selain metode struktur dan object yang udah di berikan di RPL. Kuliah nya cukup santai,,tapi denger2 kabar tugasnya ada 4 buah. Sementara ini baru rilis 2 dan berarti masih sisa dua. Di tugas RPL, gw sekelompok sama naila, fabul, nadhira, dan ical, dan tugas2 nya menguji kemampuan analisis dan wording.


Jaringan Komputer

Kuliah yg memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar jaringan komputer, cara pengiriman data dan kontrol data, akses sumber data dan pengamanannya. Kuliah ini cukup menarik sebenarnya dan sangat dekat dengan dunia elektro. Baru rilis satu tugas (smoga gak ada lagi...) yg dibagi jadi 4 tahap, masing2 proses handshaking, peer-to-peer communication, virtual circuit dan file transfer melalu serial kabel RS232. Kalo jarkom ini gw sekelompok dengan fahmi, agus, ical dan nadhira.

Sistem Informasi
Kuliah yang memberikan pemahaman mengenai informasi dan keterkaitannya dengan dunia bisnis. Mata kuliah ini sangat menarik karena membawa point of view lain, yaitu dunia bisnis ke dalam dunia ke-informatikaan. Diberikan pengetahuan mengenai perancangan sistem informasi yg tepat bagi perusahaan dengan melalui tahap-tahap yang panjang dan biasanya diselesaikan dengan bantuan software. Tugasnya ada satu , tp dikerjakan satu semester. Dibagi menjadi beberapa pengumpulan, dan deadline nya bisa satu minggu doang jaraknya. Gw seklompok sama ical (lagi...) dan nadhira (lagi...) mengambil tema perancangan sistem informasi untuk cafe halaman.

Sistem Operasi
Kuliah yang memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar sistem operasi dan elemen yang terkait seperti proses, I/O, memory dan hardware lainnya. Kuliah nya ckup abstrak dan sangat butuh pemahaman tinggi karena barang nya sendiri itu sebenarnya nggak bisa dilihat. Tugas nya , kabarnya ada dua,,baru rilis satu , yaitu penambahan system call pada OS linux, dan gw sekolompok,,,sama ical (lagi dan lagi..) dan sama (tebaaaa..........k) nadhira lagi.

Rekayasa Lingkungan
Kuliah wajib ITB pada kurikulum baru yg memberikan dasar2 rekayasa lingkungan sperti pengolahan air bersih, air limbah, tanah dan sebagainya. Ada satu tugas dan kuliahnya jg santai banget,,,disuru bikin presentasi tentang drainase,,dimana gw sekelompok sama dede, fahmi dan agus (lagilagi), fabul (lagilagi) serta ical dan nadhira (sumpah ya...namanya sering banget muncul). Untungnya tugas ini udah beres dan tinggal tunggu masa presentasi

Komunikasi Pembangunan
Kuliah humaniora umum yang cukup seru untuk diambil. Kuliah nya nyantai dan dosennya seru banget. Ditambah lagi suasana kuliah yang gak terlalu strict, tanpa UTS (presentasi kelompok dijadikan bahan UTS) dan bisa tibsen (hayooo..). Tugas ini belum dikerjakan tp bakal presentasi dua minggu lagi.

Begitulah kuliah-kuliah yg sedang gw ambil . Emang sih, komentar gw tentang kuliah itu santai... tapi yg bikin nggak santai adalah tugas2 untuk masing2 kuliah itu. Deadlinenya bisa berbarengan, berdekatan, dan berbenturan. Ditambah lagi kesibukan di luar kuliah dimana gw masi menjabat jadi ketua divisi HMIF, admin di unit, ketua divisi di UKMR, jadi asisten mata kuliah PTI A, ketua acara GJJ bulan Januari dan ikutan kepantiaan di Olimpiade dan rencananya pengen ikutan juga di DAT.

Tapi,,,justru kesibukan2 itu yg membuat hidup gw berasa utuh...akademik dan non-akademik, serius dan santai,,,belajar dan bermain. TOh,,,gw masi bisa punya waktu untuk diri gw sendiri, punya keluarga yg memperhatikan, temen2 yg baik buat diajak ngobrol dan menghabiskan waktu dengan jalan2 dsb, serta sang pacar yg siap sedia dijadikan tempat curhat dan hal-hal aneh lainnya...hehe...

Smoga, semester ini bisa dilewatkan dengan baik, dengan nilai yg baik dan ilmu yg baik.Smoga..


1 komentar: