Jumat, 02 Januari 2009

eksplanasi



postingan kali ini,
bertujuan untuk memberikan penjelasan mengapa untuk penamaan label blog ini
dinamakan variansi.
Lalu ada apa dengan kategori intuisi, kisi , puisi dan aksi . Apa maksud di balik judul tag tersebut.

Variansi, dikenal dalam dunia statistika sebagai rata-rata perbedaan dari nilai suatu data terhadap mean dari populasi dimana data tersebut berada. Untuk keterangan yang lebih lanjut, coba baca disini, terdapat artikel yang dapat menambah pengetahuan kita.

Penamaan variansi muncul karena istilah tersebut dekat sekali secara fonetik dengan variasi. Maka variansi menunjukkan terdapat beberapa kategori (lebih dari satu) yang ada di blog ini. Lalu berhubungan dengan definisi yang disepakati di dalam dunia matematika, maka kategori di dalam blog ini menunjukkan rata-rata perbedaan tiap-tiap kategori dengan apa yang sebenarnya ingin dituliskan. Jadi, semacam penyimpangan yang terjadi akibat apa yang ditulis tidak sepenuhnya merepresentasikan apa yang ingin ditulis.

Lalu sehubungan dengan judul kategori / label yang ada, barangkali sebagian besar orang-orang yang pernah membaca blog ini sudah dapat memahaminya secara intuitif. Tapi, untuk lebih lengkapnya lagi yang dimaksudkan dari kategori/label itu adalah :

intuisi -> berisikan artikel yang dibarengi dengan sedikit opini, hasil pemikiran dan pendapat yang dihasilkan secara intuitif, berkenaan dengan apa yang terjadi di dunia sekitar dan hal-hal yang saya alami .

kisi -> terinspirasi dari novel jendela karangan fira basuki. Disana disebutkan bahwa kisi adalah bagian kecil , di pinggir jendela yang membingkai jendela tersebut. Dengan demikian kisi berisikan artikel tentang kehidupan sehari-hari, pengalaman yang didapat serta gambaran waktu-waktu yang dilalui dalam perspektif curhat atau cerita santai yang membentuk hidup ini secara utuh, sama seperti kisi membingkai jendela.

aksi -> merupakan artikel yang berisikan hal-hal dan sesuatu yang saya lakukan dalam konteks tugas kuliah, eksplorasi software,kegiatan kuliah,himpunan, unit,hobi dan sebagainya.

puisi -> sangat jelas. Berisikan artikel yang berupa puisi. Mungkin prosa-prosa yang ada permainan diksinya akan dimasukkan juga kesini.

dalam waktu dekat akan lahir sebuah label baru, yaitu koleksi,direncanakan berisi hal-hal yang saya kerjakan dalam konteks hobi tulisan di luar puisi, ada cerpen, esai dan mungkin karya tulis. Rencana ini masih dalam tahap pemikiran dan persetujuan untuk dilakukan.

Akan tetapi di dalam proses pemberian label, terdapat kesulitan dalam mengkategorisasi suatu artikel, hingga kadang saya memutuskan memberikan dua label saja. Terkadang, malah saya tidak bisa menemukan label yang pas namun karena malas membuat label baru maka saya masukkan saja ke label yang sudah ada.

Silahkan, dibaca kategori yang pembaca minati. Semoga blog ini tidak hanya menjadi sarana berbagi cerita pribadi tapi juga ada sesuatu yang bisa didapatkan, hal lain yang setiap orang punya perspektif berbeda dan memaknai secara berbeda.

Karena, di dalam konteks transfer pengetahuan atau pengalaman, yang perlu menjadi titik fokus utama bukanlah apa yang kita berikan melainkan apa yang mereka dapatkan, setelah melalui proses yang dilalui, dalam hal ini berarti membaca artikel di dalam blog.

Selamat blogging!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar