Kamis, 09 Oktober 2008

Harmonis dalam PJJ bagian 2

Lanjutan dari postingan sebelumnya, bagian ini sengaja gw pisah, karena ternyata poin2 nya cukup banyak.

Ya,Itu adalah Komunikasi


3. Komunikasi

Setelah PWM dijalankan, untuk menjaga kelangsungan hubungan dalam jarak yg memisahkan, diperlukan suatu alat untuk melakukannya, itu adalah KOMUNIKASI. Bahkan , dalam metode konvensional, komunikasi itu mutlak dijalankan, apalagi kalo PJJ. Berikut, contoh2 media yg bs digunakan :


a. Surat/Pos

Udah rada jadul sih. Tp barang kali lo mau ngasi kejutan berbentuk surat. Atau lo mau ngirim cd (gak mau mp3 nya doang), atau wesel. Haha....ya gitu deh,meski komunikasi digital semakin canggih, tp metode ini kadang2 masi dperlukan (pengalaman tau,,hehe)


b. SMS

Barangkali surat terlalu lama sampainya,sementara berita harus cepat diberitakan. Guys, sekarang kita udah punya teknologi yg namanya SMS. Ini juga media terpenting. Ngingetin sholat, makan, ujian atau sms mini macam loveU,miss U dll juga bisa kan lewat SMS ini ? Dan, sekarang banyak kemudahan bagi kita, dari sms gratis,1 rp per sms, kirim 5 gratis 5 dan sebgainya. Banyak deh.


c. Telpon

Ketika SMS tidak memberikan ekspresi pengejaan kalimat-kaliman itu, disinilah telpon berperan. Teken 12-14 digit nomor ajaib itu, dan suara pasangan bisa didengar dari ujung telinga. Sama macam sms, banyak kemudahan dengan adanya persaingan provider, 1rp per nelpon,seribu sejam, bicara satu menit gratis 1 menit tapi hati2 ya liat masa promonya juga. Dan lagi, telpon cukup menguras waktu dan dana,,hehe,,,peace.


d. Internet

Nah, ini dia layanan termuda tapi justru lebih populer dan makin kesini jamannya makin oke. Layanan yang disediakan internet sangat beragam. Ada email. Barangkali lo pengen berbagi2 cerita, foto2,file tugas dan sebgainya, email adalah layanan yg cukup tepat. Diakses dimana kapan saja asal ada internet. Klo gak pengen ngirim foto cetak ,krim file jpeg nya aja. Gampang kan ? Komunikasi tetep jalan.

Ada juga situs jejaring sosial macam friendster. Lo kan bisa tuh masing2 punya account. Dan dari situ bisa melakukan banyak hal, pajang foto mesra bedua, tukar comment, message, bulbo...banyak kan ??? Salah satu kehebatan situs ini juga kan bisa diliat orang lain juga, nah efeknya orang lain bisa tau ni co/ce udah jadi pacar lo. Barangkali orang yg mengerti ya gak bakal ngegaduh lagi. Hehe.,,,

Lanjut, sekarang makin marak blog. Blog atau webLog hadir dalam segala bentuk fasilitasnya. Disini lo bisa tulis apapun dan barangkali ce/co lo lebih suka memantau hasil tulisan lo. Dari situ komunikasi satu arah bisa terjalin. Lo bisa bikin puisi kek, cerpen kek, atau sekedar kalimat2 penyanjung dan penyedap sehingga hubungan tetep lancar dan harmonis.

Yang gak kalah kerennya adalah chatting. Ini merupakan layanan yg juga populer, terutama bagi pasangan yg sama2 punya koneksi internet. Kadang2 kan sms itu agak lama balasnya. Nah, di chatting ini kan bisa lebih cepat. Plus, hasil obrolannya bisa lo simpan untk kemudian dipake menyerang pasangan lo di kemudian hari. Pengalaman gw, kalo chatting bisa seru loh, kadang ampe larut malam, kadang lo gak peduli bahwa besok ujian. Hehe,,,lebih lagi via chatting juga ad webcam nya,,,bisa liat muka co/ce langsung ketika ngobrol melalui keyboard. Dan sekarang udah marak teknologi VoIP. YM dan skype udah bisa digunakan. Telpon melalui internet , gak ngabisin pulsa,Cuma korban bandwith dikit. Komunikasi jalan lagi, kayak telpon biasa,,,hehe. Komunikasi jalan, PJJ lancar, harmonis deh....bisa kok, banyak yang udah bisa!!!


e. Tatap Muka

Oke,jaman udah maju. Teknologi makin berkembang. Komunikasi via seluler dan internet udah bisa dilakukan. TP yang namanya tatap muka, ketemuan langsung ama ce/co lo, itu tetap gak bisa tergantikan. Ad banyak sensasi dan hal2 yg gak bisa dirasakan tanpa kegiatan tatap muka langsung. SMS, ekspresi nya gak ketauan. Telpon, mimik wajah ketika ngobrol gak ketauan. Chatting, sebelas dua belas sama SMS.

Intinya, walo ada media apapun juga untuk komunikasi, ketemuan langsung tetep harus ada. Emang bisa pegangan tangan lewat sms (astagfirullah...), bisa nonton bioskop lewat telpon (cape dehhh...). Intensitasnya tp yg perlu dilihat dan disesuaikan. Lihatlah jadwal yg pas. Jangan pas pasangan sibuk. Ntar lo malah dicuekin dan bikin bete. Lihat2 tanggal baik atau penting dan punya makna tertentu. Sesuaikan dengan kemampuan. Kalo Cuma bdg-jatinangor, tiap minggu bisalah ketemuan. Kalo udah bdg-jkt, mulai berat, sekali sebulan kek, sekali dua bulan. Hehe,perhatikan ongkos (Cinta berat di ongkos,,,haha). Kalo udah bdg-dubai ? Beuh....gudbye aja. Haha....Sekali staon pas lebaran. Yang jelas, harus tetep ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar