Minggu, 26 Oktober 2008

Tragedi Semanggi I dan II


Waktu googling dengan keyword 'Semanggi', paling banyak merujuk pada artikel yang menceritakan kejadiaan naas yang udah menjadi bagian dari sejarah kelam Indonesia. Tragedi Semanggi menunjuk kepada dua kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa yang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Kejadian pertama dikenal dengan Tragedi Semanggi I terjadi pada 11-13 November 1998, masa pemerintah transisi Indonesia, yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil. Kejadian kedua dikenal dengan Tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan sebelas orang lainnya di seluruh jakarta serta menyebabkan 217 korban luka - luka.

Waktu gw googling frenzy ini,kebetulan emang lagi iseng sih. Trus jadinya gw baca-baca aja berbagai artikel tentang tragedi itu, yg g mungkin gw ceritain disini. Cukup dengan ketik keyword Semanggi maka artikel yang berjubel banyaknya akan terfilter. Ternyata tragedi 'semanggi' bener-bener membawa kenangan buruk bagi banyak orang. Tapi bg gw, tragedi semanggi membawa kenangan tersendiri yang sulit untuk diungkapkan.


1 komentar:

  1. tragedi semanggi, sedih emang kalo dinget-inget, tapi emang itu salah satu kejadian luar biasa yang semakin memprihatinkan kondisi negara kita...

    BalasHapus