Kamis, 09 Oktober 2008

Harmonisasi

Dalam nasyid acapella, ada hal penting yg mesti dipegang , selaen kekompakan tim, yaitu HARMONISASI. Walo agak2 mirip dengan kata harmonis dari postingan sebelumnya, namun istilah harmonisasi sudah sangat identik dengan dunia tarik suara. Dan, dari segi istilah, maksudnya sebenarnya gak jauh2 dari keselarasan, kecocokan, pokoknya yang begitu2lah.

Harmonisasi dalam nasyid adalah apa2 yg berhubungan dengan masalah keselarasan nada-nada yg dinyanyikan ketika bernasyid. Seperti kita ketahui, dalam dunia musik kan ada 7 nada dasar, mulai dari do re mi fa sol la si do. Nah, nasyid acapella sebenarnya tidak hanya bertumpu pada tiruan bunyi2 alat musik doang. AKan kurang indah juga kalo acapella hanya terdiri dari suara satu (istilahnya begitu, bingung juga ngejelasinnya). Jadi perlu ada pembagian suara,misalnya ad yg ambil suara bawah (bass), suara dua , satu oktaf diatas nada dasar, dan suara2 lainnya yg dasarnya adalah tangga nada tadi. Untuk menyatukan suara2 itu lah diperlukan adanya harmonisasi. Gak bisa ambil smbarangan do sama re, fa sama si. Ad ketentuan2 dan juga kadang2 feeling untuk merasakan penyatuan nada itu harmonis apa tidak.

Untunglah, di tim nasyid yg gw ikutin, anak2nya udah terlatih (kecuali gw sih) dan punya feeling yg cukup bagus untuk pembagian suara. Kalo gw sendiri, baru bisa bagi suara kalo ad alat musik bantu untuk mencari suara satu dan duanya. Tapi kalo mereka, cukup mendengar saja, lalu mencoba sebentar dan suara2 lain itu dengan mudah didapatkan.

Jadi inget pas ikut lomba ramadhan kemaren. Komentar jurinya adalah "harmonisasi grup ini sudah bagus, hanya saja ekspresinya kurang". Haha ,,, kena deh, keliatan banget pas nasyid lebih fokus ke harmonisasi sehingga kurang berekspresi. Tapi, kita seneng sih, setidaknya udah ad pujian bahwa apa yg kita lakukan sudah mengarah ke hal yang baik.

Dengan harmonisasi , nasyid acapella menjadi lebih indah dan enak di dengar. Barangkali, dengan keindahan itu, bisa menjadi daya tarik nasyid yg sebenarnya punya misi dakwah via seni suara. Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat deh.

Nasyid berikutnya apa ya ?? Fatih dong temen2x ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar