Senin, 02 Juni 2008

Bersikap intimidatif

Intimidatif cenderung diartikan negatif,bersifat memaksakan sesuatu kepada seseorang dengan kemungkinan seseorang itu tidak menyukainya. Tapi, intimidatif sudah menjadi trade mark kelompok tubes gw, ultra 22, apalagi disaat demo tubes. Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk meraih nilai semaksimal mungkn. Meski demikian,kadang sikap ini dibarengi dengan sikap pongah dan berlebihan semata-mata untuk mem "ringan" suasana demo yg kadang mencekam.

Jadi inget tubes satu srukdat dulu, MailSys,sebuah program sederhana simulator pengelolaan email. Disinilah awal segalanya, sikap ini dibangun dengan kepongahan yg menunjukkan kberhasilan merampungkan program dengan baik,jauh sebelum deadline yang ada. Kebetulan waktu itu,sang asisten adalah kk Bayu,2004, yg entah sial atau berutung harus berhadapan dengan kelompok gw dalam rangka demo pertama kali dalam sejarah hidup ke IF an gw.

Demo berjalan baik, ada kelucuan disana-sini,kebodohan lebih bnyak terjadi, beberapa ngeles kami lakukan ketika ditemukan bug program yg tidak pernah kami sdari. Waktu itu dengan scope program yg masih tidak terlalu besar, terdapat strategi unik untuk tetap menang walau program menunjukkan indikasi kekalahan.

Lalu inget tubes satu oop kemaren, SpreadSheet, mini program semcam excel yg diperuntukkan untuk pengelolaan data. Dengan frame baru bernama orientasi objek,tugas berlangsung tidak baik sama sekali. Sampe akhir deadline,kami tidak berhasil merampungkan program. Strategi mulai dirancang untuk melakukan hindaran2 cantik pada saat demo. Beruntung kali ini asisten adalah kk Tania, if04 yg tampak ramah dan bersedia melayani candaan kami yg makin lama makin tidak lucu. Alih-alih,malah menunjukkan kepasrahan kami dengan program yang belum 100 % jadi. Tapi, strategi ini berlangsung apik dan baik, nilai tubes menunjukkan usaha yang maksimal.

Masih segar,tadi,demo tubes oop 2 tentang aplikasi bebas berbasis java environment. Ini lebih menarik lagi. Demo kali ini dibimbing oleh kk fitri,asisten yg sudah sangat kami kenal. Perjalan demo berlangsung dengan cepat,disertai sikap lebay dan pongah di tiap kesempatan yang ada. Ada saja cara kocak untuk menunjukkan keberhasilan program saat menangani kesalahan ataupun menunjukkan kelakukan yang tidak biasa. Beruntung, sikap ini mendpaat toleransi yang baik dari kk asisten.

Dan,meski nilai belum keluar,mari saja kita berdoa untuk hasil yang baik. Hanya saja, ingin sedikit berbagi cerita disini,,,bahwa dengan sikap intimidatif, memaksakan kehendak kami bahwa program ini bagus,luar biasa,menjual,menangani berbagai kesalahan, punya prospek cerah ,,, terkadang dapat membawa hasil yang maksimal. Kami membuktikan dua kali, ingin mendapatkan yg ketiga. Intimidatif tidak selalu negatif, bahkan bisa kita buat menjadi positif. Bersikap intimidatif lah, memaksakan pandangan kita terhadap hal yang memang kita anggap baik. Semoga sikap ini selalu menjadi senjata ampuh dalam menempuh stiap demo yg tersisa di kehidupan if gw. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar