Senin, 09 Juni 2008

Kebosanan mulai melanda

Gw dulu percaya...dengan nggak pulang ke pekanbaru gw bisa menggunakan waktu yg luang di bandung ini untuk banyak belajar, eksplorasi tools2 yg sejak dulu pengen gw kuasain. Tadi nya sih gw mikir begitu. Sambilan SP kalau ada. Bahkan menolak magang. Sambilan nungguin kaderisasi, wisudaan dan pendidikan unit RK. Rencananya sih gitu. Kalo pagi iseng pergi kemana,,,siang tidur,,,malam eksplor,,tengah malam nonton Euro. Tadinya sih gitu .... T_T . Karena kalo di pku susah konsen. Ajakan teman buat maen serasa lebih menggiurkan. Mau nya sih gitu ... Malah udah nyetok film2 buat ditonton kalo lagi bosen. Tadinya sih kepengen gitu....

Nah, kemaren gw ngeliat liputan tenggelamnya kapal Titanic thn 1912 dulu. Penyelidikan menunjukkan bahwa kecelakaan itu merupakan akumulasi dari kealphaan kecil beberapa objek atau orang, baik dari orang di Titanic nya maupun dari orang di luar Titanic . Berikut kesalahan2 yg terjadi,,,seingat gw aja si...karena malam kemaren gw agak2 tidur gitu pas nontonnya :
1. Terkuncinya binokular untuk awak yg mengamati garis horizon. Tolol sih menurut gw. Jadi pas kapal nih mau berangkat,,,binokular nya ketinggalan di lemari salah satu awak yg tidak jadi bertgs..dan terkunci pula. Kalo di filmnya...lo liat aja dua orang yg di menara tinggi,,,ngawasin laut tanpa teropong,,,tp jangan distorsi dulu,kalo di film kan mereka terdistract ama Rose dan John yg ciuman penuh nafsu...tp aslinya emang mereka g gitu,,,,mereka kerja keras tp tanpa binokular.
2. Terganggunya frekuensi radio komunikasi. Yang ini sih cukup kebetulan. Jadi, pas awak radio nya Titanic sdg komunikasi dengan base di Cape Race Canada,,,sebuah kapal yg ga jauh dari mereka,,SS CAlifornia sebenarnya sudah mengingatkan kepada kapal di sekitar Atlantik bahwa ada bongkahan es yg besar. Alih-alih laporan diterima,,,awak kapal Titanic malah ngerasa terganggu akibat interferensi gelombang yg ada
3. Pengiriman pesan morse yg tidak menuruti kaidah oleh awak radio SS California. Gw lupa si detailnya,,,tp ternyata kalo pesan SOS gitu musti ada awalan apa gitu..lupa deh. Tp intinya si pengirim lupa hal itu dan lazimnya,,,pesan tanpa kode itu boleh diabaikan. Nantinya pengabaian ini juga berakibat fatal atas kejadian itu.
4. Kealphaan kapten Kapal Titanic. Kapten kapal yg waktu itu paling berpengalaman di angkatannya melakukan kealphaan dengan memacu Titanic dengan kecepatan tinggi padahal memasuki area penuh bongkahan es. Ia bertaruh kepada kekuatan kapal yg katanya "tidak bisa tenggelam" ini. Kita lihat akhirnya dia gagal bertaruh dan malah kalah. Bahkan dia diceritakan bunuh diri di kapal itu.
5. Korupsi bahan. Akhirnya diketahui bahwa beberapa material yg digunakan tidak sesuai dengan perancangan. Misalnya paku baja di gantu paku besi untuk lambung kapal dan sebagainya. Haha...gara2 korupsi , seribu lima ratus nyawa melayang di lautan.
6.Cuaca nya yg memang pada tahun itu lebih hangat dari biasanya,,sehingga es banyak yg mencair.
7. Gw tambahin atu dah....kesombongan manusia dengan pernyataan bahwa kapal ini "tidak bisa tenggelam",,banyak sudah kisah kesombongan yg dihukum oleh Tuhan,,,Qarun,Firaun,,tp sayangnya manusia nggak banyak belajar.

Lihat kan,,,ada beberapa kejadian kecil kayak kebetulan ketinggalan binokular,interferensi gelombang, cara mengirim pesan yg nggak standar, kecepatan kapal, koruspi material dan sombong yg akhirnya berakumulasi menghukum kapal termegah pada jamannya itu untuk terkubur abadi di lautan atlantik. Ironiskan ? FYI aja,,,,untuk membelokkan kapal se gede gitu butuh jarak 1,5 km dari halangan,,,dan waktu kejadian,,,,bongkahan es itu berjarak sekitar 500 meter. Kebayang g tuh ??? Yg nonton filmnya pasti tahu.

Lalu,,,kebosanan yang melanda gw pada hari pertama liburan ini juga merupakan akumulasi dari beberapa hal yg gak gw duga2 sebelumnya. Jadi,karena itu gw jadi g bisa prepare dan syangnya gw akhirnya harus "menikmati" kebosanan ini ,,, sendirian pula.
1. Monitor desktop gw yg g ada angin g ada ujan...tiba2 mati kayak di padamin ama PLN. Sumpah aneh banget. G bisa nyala lagi dan kayak ada bunyi kabel yg kesangkut gitu.
2. Koneksi internet yg kadang stabil kadang nggak...lemot...dan sebagainya...membuat kehidupan maya gw gagal dan malah seringnya jadi bikin jengkel.
3. Duit gw yg tiba2 ilang .. lumayan kali goban bisa buat makan enak 2 hari. Uggggghhhh ....
4. Akumulasi nomor 1 membuat gw gak bisa nonton Euro . Walau ada laptop ,, sayang nya USB TV gw masih g kompatibel dengan Vista. Alhamdulillah dengan 'cobaan' ini.
5. Masih ada nya tugas yg bikin gw belum bisa menikmati film2 yg udah gw stok. Huhuhu..cepatlah berakhir.
6. Gagal belajar,akibat akumluasi nomor 2 ya iya orang internetnya sering mati. Eksplorasi jadi tersendat. Kan bahan utamanya dari internet.
7. Ketiadaan temen buat jalan bareng. Lha iya,,,pada balik ke jakarta atau ke kota lainnya,,,g ada deh heppi kemana gitu. Booo ... masak jalan sendiri... g lucu amat.

Rencana tinggal rencana. Berarti sampai masuk agustus ntar kurang lebih kehdiupan gw bakal begini. Apaboleh buat lah...temenin gw dong...hiks ... hiks...

2 komentar:

  1. woi..
    haha, gampang bgt tuh persoalan lo diselesaikan.. maen bola aja..
    minta febri diajakin latian sana..
    hahahaha...
    serius gw...
    =p

    BalasHapus
  2. @ Dani :
    febrynya ndiri balik ke jakarta senin ini

    BalasHapus