Jumat, 06 Juni 2008

dari Add-Ins hingga meja billiard Microsoft


Baru aja tadi malam gw pulang dari dua hari perjalanan ComVis alias Company Visit di Jakarta.Acaranya seru banget. Kita mengunjungi empat perusahaan yang ada hubungan nya dengan dunia IT, yaitu ISV Add-Ins, Microsoft, Detik.com dan Metro TV. Acara yg berlangsung singkat tapi padat ini lumayan membawa pengalaman2 menarik bagi gw sendiri, selain jalan2 tentunya. Lagipula, acaranya rame, dan anak2 yg ikut lumayan seru,jadi spanjang perjalanan banyak kejadian-kejadian lucu yang kalo lo denger lewat cerita mungkin kurang asyik.

Hari pertama perjalanan dimulai pukul 8 dari gerbang depan ITB. Baru pagi-pagi, nih comVis udah membawa kesan nyaman bagi gw. Apalagi kalo bukan sarapan mcD yg menggiurkan di pagi hari, mengisi kekosongan perut yg terakhir diisi malam sebelumnya. Bus kita waktu itu nempuh jalur standar tol cipularang, memakan waktu sekitar 2,5 jam. Jakarta lumayan nggak macet, cuma karena bus ini dimensi nya lebar, lumayan susah untuk memasuki jalan-jalan Jakarta yang makin ke ujung makin mengerucut. Sesampainya di AddIns,,,peserta terpaksa dibagi menjadi dua kelompok,karena ruangan nya nggak cukup buat 50-an orang yg datang.

Lucunya, pembagian ini membawa berkah bg gw. Angga,,,sang mantan kadiv hublu itu bisik-bisik ke telinga gw menginformasikan sisa mcD yg masih banyak di belakang bus. Dasar g bisa liat kesempatan dikit aja, gw sontak berdiri dan beringsut mendekati tuh tumpukan mcD yg berlebih. Diam-diam gw ambil satu lagi kotak mcD dan secara serakah memakan paket ayam+nasi itu dengan bunyi teredam. Nggak enak juga kan kalo diliatin. Beres makan bagian kelompok gw yg mengikuti presentasi dari pihak Add-Ins.

Kesan pertama gw sejak ketemu gedung AddIns itu lumayan psimis. Soalnya, gedung nya g gede-gede amat. Bahkan kalah gede dari labtek V kesayangan gw. Kepikiran g sih kalo ISV itu harus punya gedung yang besar. Tapi, keraguan itu pupus ketika presentasi oleh Pak Daniel, wakil AddIns, dimulai. Beliau membawakan presentasi nya dengan baik, membius sekitar 50 pasang mata yang ada diruangan presentasi. Ternyata klien AddIns gak sembarangan juga. Ada beberapa bank terkenal dan perusahaan BUMN yang langganan aplikasi disana. Wuuiiihh,,,,rasa kagum mulai mekar. Apalagi setelah itu , Manajer nya AddIns datang dan mulai memotivasi kita semua. Kata2nya singkat tapi penuh makna. Tidak ada kata2 merendahkan mahasiswa ITB,tp entah mengapa gw merasa diingatkan untuk tidak sombong. Di luaran sana masih banyak tenaga2 IT yg jago dan bermunculan dari negara2 tetangga. Kita diingatkan untuk terus belajar dan kerja keras. Motivasi dari pak manajer itu sungguh mengena sekali dan cukup memberikan bahan renungan bwt gw, untuk dipikirkan dalam perjalanan berikut nya ke Microsoft.

Dari AddIns kita bergerak ke Microsoft yg kantornya berada di kawasan SCBD jakarta. Dalam perjalanan, gw 'dipaksa' untuk makan. Haha ,,, ini udah yg ketiga kalinya deh. Tp yg namanya rejeki emang g boleh ditolak .So, gw makan di sepanjang perjalanan itu. Makin dekat pusat perkantoran, jalanan lumayan jadi macet. Tp, untung nya suasana bus mendukung untuk tidak merasa bosan. Banyak banyolan konyol yg terjadi. Sekitar pukul 1 kita tiba di Microsoft dan kami disambut oleh perkantoran yg meyakinkan, apalagi ketika memasuki lantai 18 milik perusahaan terkenal di seantero dunia itu.

Ruangannya terkesan mewah, elit. Banyak komputer di sisi kanan gedung, dan ruangan rekreasi dengan meja bilyar dan fusball. Belum juga duduk , rombongan di perintah kan untuk makan terlebih dahulu. Ampun jendral, perut pun udah gak kuat. Tapi yg namanya rejeki g bakal datang sering-sering. Dengan sisa ruangan perut yg sudah nggak banyak lagi,,,suguhan dari microsoft sukses gw makan sampe habis. Setelah itu, acara di mulai.

Presentasi di microsoft lebih santai. Tidak ada tekanan, hanya gurauan. Ternyata para awak microsoft lebih santai dan tampak senang berguyon. Tak ayal ruangan seringkali di penuh gelak tawa para peserta. Presentasi kali ini lebih fokus menceritakan apa saja yg dilakukan oleh para microsofter ini di Indonesia. Harus diakui, microsoft sangat menarik perhatian kami, hanya saja diketahui kemudian untuk menjadi pegawai disana harus melalui tahapan yg sulit. Gak kebayang jg gw bisa kerja disana. Walo gajinya gak ketolong gedenya...tp jalan masuknya sulit juga.

Acara berlanjut sampe pukul 4. Setelah itu rombongan bebas berjalan-jalan hingga pukul 6 kita berangkat ke pnginapan di cibubur. Overall,untuk hari pertama, sangat seru sih kalo gw bilang. Di AddIns kita mendapat motivasi dan sedikit gambaran saingan kerja di dunia IT sedangkan di microsoft kami mendapat info berharga mengenai apa saja yg micorsoft lakukan di Indonesia, termasuk community development yg banyak bersentuhan dengan mahasiswa dan dunia kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar