Selasa, 29 Juli 2008

Kebutuhan akan Kaderisasi Unit

Beberapa waktu belakangan ini,,gw jadi doyan datang pada waktu ada forum massa di kampus ITB. Dan, banyak hal yg bisa gw dapetin,,,yg g gw dapetin di bangku kuliah,di HMIF atau di unit. Banyak orang di ITB yg berpikiran bagus, pintar, dan visioner. Banyak orang di ITB yg pandai berbicara,mengutarakan pendapat, berargumen dan meyakinkan hadirin yg ada atas suatu topik yg sedang di bicarakan.

Topik yg paling hangat akhir2 ini adalah masalah OHU dan implikasi nya ke flow penutupan acara INKM. Terlalu panjang kalo gw jabarkan disini...dan bukan itu juga si titik tekan yg pengen gw ceritain disini. Cuma,,,,seringkali gw denger statement yg menyatakan Unit masih jarang yg memikirkan aspek kemahasiswaan terpusat di ITB. Lalu,salah satu tujuan INKM kali ini adalah untuk mensiasati hal itu. Lebih lanjut lagi, kebanyakan masalah ini di cover oleh himpunan, sedangkan unit bener2 beraktivitas sesuai dengan minat dan kurang memperhatikan kemahasiswaan secara utuh.

Dan gw pun berpikir...gimana ya caranya menanamkan aspek itu ke anggota baru unit ? Kaderisasi semacam yg dilakukan himpunankah ???

Pertanyaan itu lah yg akhirnya membuat gw dan temen PSDA unit gw berbicara cukup panjang. Kesimpulannya....kami sepakat, untuk tahun ini UKMR sebaiknya melakukan kaderisasi bagi anggota baru. FYI, para pendahulu kita tidak setuju ada nya hal ini,karena dikhawatirkan dapat mengurangi minat maba untuk memasuki unit ini. FYI lagi, UKMR kan baru berdiri 2 tahun...belum mapan, masih muda dan masih banyak hal yg harus di evaluasi. Namun, pengalaman menunjukkan tanpa adanya kegiatan penerimaan maba dan semacamnya membuat kami sulit 'mengikat' anggota yg baru. Hal ini sebenarnya sudah berlanjut dua tahun sejak berdiri dan masih dicari bentuk2 penyelesaiannya.

Begitulah...
akhirnya ketika kita berbicara ke sang ketua, beliau menyetujui rencana ini
hanya saja,
timbul masalah .... apa saja yg mau disampaikan ?
apa kultur yg ingin diturunkan ?
apa pembelajaran yg mau diberikan ?
bagaimana profil ideal UKMR yg diinginkan ???

Masih bnyak pertanyaan yg belum terjawab. Karena memang, hal ini tidak di set sejak awal sebagai bagian dari keberjalanan UKMR. Hanya saja,melihat sense keberaktivisan mahasiswa ITB sekarang yg dirasa cukup kurang,,mka tampaknya kami tahun ini akan melakukan terobosan yg bisa dibilang sudah uzur tp baru bg unit gw.

Maka,ketika sampai di rumah (kos2an-red),,,gw berpikir gimana ya nyusun kaderisasi ini ? Kemudian gw pun membuka2 referensi dari materi kaderisasi di himpunan gw. Maklum aja, untuk hal yg satu ini, gw masih kurang banyak tahu akibat di himpunan gw udah ada bagian yg mikirin. Lagipula, notabene gw yg orang lapangan ini kurang baik dalam hal berpikir kritis dan analitis seperti ini. Tapi lain pula di UKMR, dengan anggota yg masi kurang sebenarnya...tp untuk menjaga keberjalanan anggota unit ini,setiap orang sebaiknya bisa melakukan multitasking.

Dari hasil baca sna sini gw pun mendapat kesimpulan untuk menyusun kaderisasi ini dengan step2 sebagai berikut :
  1. Analisis kondisi dan kebutuhan unit
  2. Tetapkan arahan , garis besar tujuan dan profil kader yg diinginkan oleh unit
  3. Tetapkan alur dan flow materi yg ingin di bawa sepanjang masa kaderisasi
  4. Menyusun materi yg sesuai dan bisa menghasilkan output sesuai dengan profil dan arahan yg sudah di tetapkan
  5. Mencari dan memilih metode yg tepat dan efektif dalam penyampaian materi yg sudah disusun
  6. Pilih metode evaluasi yg tepat guna
  7. Follow up kaderisasi dengan kegiatan di unit
Dengan adanya kaderisasi,,, diharapkan dapat disampaikan materi bukan hanya tentang unit dan kebudayaan namun juga kemahasiswaan dan hal2 dseklilingnya yang sudah seharusnya dilakukan mahasiswa yg utuh,,mahasiswa ITB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar